Selasa, 22 Januari 2013

Merangkum Sebuah Paragraf

Sebuah paragraf terdiri dari beberapa kalimat yang saling berhubungan. Sebuah paragraf dapat diringkas dan ditemukan tema dan pesannya. Ringkasan adalah cara menyajikan karangan asli dalam bentuk singkat, walaupun singkat ringkasan harus tetap mempertahankan urutan dan sudut pandang penulis asli. Ringkasan terdiri dari beberapa kalimat yang utuh. Ringkasan dibuat untuk mempermudah mengetahui isi sebuah tulisan. Cara membuat ringkasan yaitu dengan  memahami dengan baik isi bacaan yang akan diringkas, mencatat gagasan utama dengan kalimat sendiri. Perhatikan contoh paragraf berikut :
Seruni, gadis cilik berusia enam tahun. Dia hidup bersama ibu dan kakak perempuannya. Sang ayah meninggal dalam kecelakaan. Kini, ibunyalah yang menanggung beban hidup keluarganya. Seruni lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Dia tidak memiliki teman. Bahkan, kakaknya juga tidak mempedulikannya. Seruni terlahir sebagai gadis cilik yang bisu dan tuli. Seruni hanya dapat bermain dengan ibu dan kawan khayalannya.
 Pada paragraf di atas kamu dapat menemukan ide pokoknya. Kamu dapat menggunakan kalimat pertanyaan di bawah ini untuk menemukan ide pokoknya.
  • Siapa gadis cilik yang berusia 6 tahun ? ( Seruni )
  • Dengan siapa seruni tinggal ? (bersama ibu dan kakak perempuannya )
  • Apa yang dilakukan seruni setiap harinya ? (Seruni lebih banyak menghabiskan waktu di rumah )
  • Bagaimana keadaan Seruni?( Seruni gadis cilik yang bisu dan tuli )
Ide pokok paragraf di atas adalah sebagai berikut : Seruni tinggal bersama ibu dan kakak perempuannya. Dia banyak menghabiskan waktunya di rumah. Seruni adalah gadis cilik yang bisu dan tuli.
Ringkasan paragraf di atas adalah Seruni gadis cilik yang bisu dan tuli tinggal bersama ibu dan kakak perempuanya. Dia banyak menghabiskan waktunya di rumah karena dia tidak memiliki teman.
Untuk memahami tema dapat dilihat dari ide pokok paragraf tersebut. Ide. Tema adalah inti atau ide pokok sebuah paragraf. Untuk menemukan tema pahami dulu ide pokok paragraf. Tema biasanya disimpulkan dalam satu kalimat. Ide pokok paragraf adalah : Seruni tinggal bersama ibu dan kakak perempuannya. Dia banyak menghabiskan waktunya di rumah. Seruni adalah gadis cilik yang bisu dan tuli. Jadi tema paragraf di atas adalah : Seruni gadis cilik yang bisu dan tuli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Sign In Facebook

My Tweet

Fakta Keren