Jumat, 14 Juni 2013

Pramatik Bahasa

Pemerolehan bahasa adalah proses yang digunakan oleh anak-anak dalam memiliki kemampuan berbahasa, baik berupa pemahaman atau pun pengungkapan,
yangberlangsung secara alami, dalam situasi formal, spontan, dan terjadi dalam
konteks berbahasa yang bermakna bagi anak.
Posisi bahasa Indonesia dalam pemerolehan bahasa bagi anak Indonesia akan
ditemukan bahwa ada anak yang menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa
pertama dan ada pula menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Anak
yang bahasa pertamanya bahasa Indonesia bila anak dibesarkan oleh orang tua
yang hanya menguasai bahasa Indonesia, orang tua yang berasal dari bahasa daerah
yang berlainan, lingkungan masyarakat sekitar menggunkan bahasa daerah yang tidak
dikuasai, dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat yang
berbahasa daerah. Anak-anak yang dilahirkan dan dibesarkan dalam lingkungan
keluarga dan masyarakat yang menggunkan bahasa daerah sebagai media
komunikasi kesehariannya, kemungkinan besar anak itu bahasa pertamanya adalah
bahasa daerah dan bahasa Indonesia sebagai bahasa keduanya.
Pemerolehan bahasa juga dapat terjadi secara serempak dua bahasa dan secara
berurutan. Pemerolehan secara serempak dua bahasa terjadi pada anak yang
dibesarkan dalam masyarakat bilingual (menggunakan dua bahasa dalam
berkomunikasi) atau dalam masyarakat multilingual (menggunakan lebih dari dua
bahasa). Sedangkan pemerolehan berurut dua bahasa terjadi bila anak menguasai
dua bahasa dalam rentang waktu yang relatif berjauhan.
Kemampuan berbahasa anak tidak diperoleh secara tiba-tiba atau sekaligus, tetapi
bertahap. Kemajuan berbahasa mereka berjalan seiring dengan perkembangan
fisik, mental, intelektuall, dan sosial. Perkembangan bahasa anak ditandai oleh
keseimbangan dinamis atau suatu rangkaian kesatuan yang bergerak dari bunyibunyi
atau ucapan yang sederhana menuju tuturan yang lebih kompleks.
Tahapan perkembangan bahasa anak dapat dibagi atas:
(1) tahap pralinguistik,
(2) tahap satu-kata,
(3) tahap dua-kata, dan
(4) tahap banyak-kata.
Fase/tahapan perkembangan bahasa menurut Ross dan Roe adalah:
(1) Fase fonologis
(2) Fase sitaksis
(3) Fase semantik
Seiring dengan perkembangan bahasa, berkembang pula penguasaan anak-anak
atas sistem bahasa yang dipelajarinya. Sistem bahasa itu terdiri atas subsistem,
yaitu: fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan pragmatik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Sign In Facebook

My Tweet

Fakta Keren