Rabu, 03 Oktober 2012

Hormat atau ditakuti

Pemimpin yang: Dihormati atau Ditakuti??

Yaa, mungkin kalimat inilah yang pas buatku skarang ini *lagi dilemma nih*http://www.emocutez.com. Yaaah walaupun aku bukan seorang pemimpin, tapi ada banyak orang disekitarku yang pasti terpengaruh dengan kehadiranku *benci ato biasa ato suka gitu*. Apalagi aku ikut ekskul yang pastinya sekarang ini aku jadi panutan adik kelas. Lha, sekarang ini rata-rata para senior itu lebih milih “marah-marah, nakut-nakutin, n’ pada bersikap keras” ama junior mereka.http://www.emocutez.com Yaah, mungkin maksud mereka benar agar para adik kelas itu jadi disiplin, gampang diatur, n’ ga “mbantah” kalo dikasih tugas ato kegiatan. Tapi itu malah membuat mereka jadi ga suka *mungkin bisa sampe benci ato dendam kali..o.Ohttp://www.emocutez.com* ama kita. Emang bisa ngebuat mreka nurut, tapi itu depannya ajah, kalo di blakang kita pasti mreka ngoceh jelek2in kita *pengalaman nih waktu kelas 1 dulu gituhttp://www.emocutez.com*. Mereka hanya bersikap baik dan rajin pas di hadapan kita, tapi kalo kita ga ada…? Buyarr deh…
Lha trus kita harus gimana??
Ada cara lain agar kita ga “ditakuti”, tapi dihormati/disegani. Karena jika mereka merasa hormat/segan pada kita, mereka pasti akan melakukan suatu tugas/tindakan tanpa ada perintah dulu atau tanpa ada banyak komentar. Mereka juga akan melakukan tugas dengan baik walaupun kita sedang tidak ada. Dan tentu saja mereka ga bakal tuh ngebicara’in yang kagak-kagak tentang kita, jarang ada yang protes, n’ ga suka ngeluh sana-sini.http://www.emocutez.com
Tapi caranya gimana???
Memang agak sulit untuk menjadi orang yang dihormati dan tidak ditakuti. So, ni ada beberapa saran untuk kalian-kalian, yaah mungkin ga seratus persen bakal berhasil sih, tapi patut dicoba deh untuk mengurangi dosa dunia *hahay,, apa’an*. Okeh deh langsung ajah, cekidot:
  1.   Beri contoh yang baik Ini nih maksudnya kita harus melakukan suatu hal dulu agar mereka bisa menyontoh kita. Karena mungkin mereka akan merasa “sungkan” sendiri saat hanya kita yang bekerja, sedangkan mereka duduk diam. Mereka akan merasa peduli dan bertanggung jawab akan hal itu.
  2.  Jangan marah-marah jika ada yang salah Laah, ini nih yang kadang berakibat fatal. Kadang kalo ada junior yang melakukan kesalahan pasti kita langsung marah-marah dan menyalahkan mereka. Ga baik banget tuh buat mental mereka dan juga buat imej kita di mata mereka. Kebanyakan anak yang dimarahi malah merasa dongkol/ga suka/benci pada orang yang memarahi mereka. Daripada kita marah-marah ga jelas, mending kita jelasin pada mereka yang benar itu seperti apa *jangan lupa tetep senyum*, jangan mengatakan kalo mereka yang sepenuhnya salah karena mereka juga masih baru ato pemula. So, yang sabar ajah yaaa…
  3.  Terima pendapat, saran, ato kritik dari mereka Mmmmm,,,, mungkin lebih tepatnya kita bisa jaddi teman curhat. Jadi kita open ke semua anak, so mereka bisa ngeluarin uneg-uneg mereka ke kita. Apa yang mereka suka dang a mereka sukai tentang kita, member saran dan masukan untuk kemajuan organisasi bersama. Jadi dengan itu kita juga bisa mengevaluasi diri sendiri dan ga asal ambil keputusan/ato tindakan. Mereka juga akan merasa lebih nyaman dengan kita dan hal itu menambah kekraban yang ngebuat kerjasama antar sesama terjalin dengan baik.
  4. Jangan pilih-pilih  Kita jangan hanya memandang satu anak saja, karena pastinya yang lainnya akan merasa cemburu. Lihatlah semua anak, pahami dan ketahui kemampuan masing-masing anak. Jangan hanya anak itu-itu saja yang diberi tugas, karena yang lainnya pasti akan merasa “ga dianggap” dalam organisasi tersebut *pengalaman pribadi juga nih..^^*. Selain itu juga pasti ada anak lain yang bisa melaksanakan tugas tersebut dengan lebih baik.
  5. Percaya bahwa mereka bisa Ini juga penting nih. Dengan kita percaya bahwa mereka bisa, mereka akan merasa bahwa mereka memang pantas untuk kita percayai. So, mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan sesuatu.
Antara dihormati dan ditakuti, kira2 mana yang lebih baik…? Mungkin pendapat setiap orang beda-beda, ergantung individu tersebut. So, jawabannya hanya kalian yang tahu..
Okeh deeh,, sampe disini dulu yaah… cape nih ga ada inspirasi lagi,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Sign In Facebook

My Tweet

Fakta Keren